Rabu, 20 Februari 2013

Masalah Pada Modem EVDO REV.B Smartfren AC81B

Dua hari yang lalu (18/02/2013), saya membeli sebuah modem EVDO REV.B Smartfren dengan seri AC81B. Pada saat menginstall di komputer saya, modem tersebut tidak dapat digunakan sama sekali. Saya sudah berhasil mendaftarkan nomor Smartfren tersebut pada saat aktivasi pertama kali, dan sudah mendapatkan SMS balasan dari 4444. Saya juga telah mendapat SMS "Selamat bergabung dengan layanan Smartfren Connex Evo" dari nomor 888.

**keterangan gambar: SMS konfirmasi keberhasilan pendaftaran

Instalasi software juga sudah saya coba di beberapa komputer, dari laptop di rumah, komputer personal kantor dengan sistem operasi Windows XP SP3, dan komputer rekan sekerja yang menggunakan sistem operasi Windows 7, namun hasilnya sama saja, modem tidak dapat terhubung.

Untuk sinyal, modem AC81B tersebut sudah saya komparasikan dengan modem smartfren lainnya yang dimiliki oleh rekan sekerja, yakni seri CE81B. Modem CE81B tersebut berjalan normal di komputer yang sama dengan penerimaan sinyal EVDO REV.B yang sangat baik di lokasi saya menggunakannya (Area Tanjung Priok-Jakarta Utara dan Rawamangun-Jakarta Timur). Jadi penerimaan sinyal tentunya bukan sumber permasalahannya.

**keterangan gambar: Sinyal EVDO REV.B di lokasi saya.

Berbagai cara telah saya lakukan, antara lain:
  • Mencoba meng-uninstall semua modem lain di komputer, kemudian mengulang dari awal proses instalasi modem Smartfren AC81B, namun tidak berhasil.
  • Menginstal di beberapa komputer yang berbeda-beda, dengan berbagai sistem operasi (Windows XP, Vista, 7), semuanya sama saja.
  • Mencoba mengubah-ubah setting di modem AC81B, diantara lain yang sebelumnya Hybrid, dirubah menjadi EVDO, juga tidak berhasil.
  • Menukar kartu smartfren saya dengan kartu milik rekan saya yang modemnya (CE81B) selama ini berjalan dengan baik, dipasang di modem saya (AC81B), gagal.
  • Menukar modem saya untuk dipasangkan dengan kartu smartfren lain yang selama ini berjalan normal, ini juga gagal.
  • Modem sempat berhasil beberapa kali terhubung, tapi selalu gagal di jaringan EVDO REV.A maupun REV.B, kemudian secara otomatis terhubung ulang di jaringan 1X (CDMA)
Hasilnya selalu begini:
 

Saya telah menelfon ke customer care/call center atas nama pelanggan DAUD MELKIZEDEK MANIATA dengan nomor 08811141066, dan diinformasikan bahwa memang pada saat itu sedang ada pemeliharaan jaringan di area Indonesia bagian barat, namun jawaban tersebut kurang memuaskan saya dikarenakan pada waktu yang sama, saya mencoba modem smartfren milik rekan saya (CE81B) dengan kartu CDMA Smartfren juga, berjalan dengan lancar dan semuanya normal.

Sudah dua hari ini saya terus mencoba untuk menyelesaikan permasalahan pada modem yang saya beli, namun belum juga berhasil. Mohon solusinya.




4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. coba dilihat pada my computer di klik kanan trus pilih properties kemudian pilih submenu device manager, coba dilihat pada bagian modem coba untuk update driver trus pilih browse my computer softwere pilih direktori modem smartfren diinstal pilih pada bagian driver kemudian coba untuk update hingga selesai, kemudian pada bagian ports (COM & LPT) juga diupdate jika masih tanda seru semua, jangan direstar dulu hingga ketiganya selesai untuk diupdate tuk directorinya pilih sama dengan update awal tadi

    BalasHapus
  3. install netframework 4.0 gan, pasti masalahx terselesaikan!

    BalasHapus
  4. Di link ini ada solusinya mas :
    http://iq-network.blogspot.com/2013/01/modem-smartfren-tidak-support-windows-8.html?m=1
    Semoga membantu dan belum telat

    BalasHapus